-->

Header Menu

GURU Honorer Wajib TAHU!! Juknis Pengadaan PPPK Guru Hanya Berlaku Tahun Ini, Honorer Jangan Sampai Mengabaikan Kesempatan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menerbitkan tiga petunjuk teknis (Juknis) pengadaan aparatur sipil negara (ASN) tahun ini. Ketiga juknis tersebut adalah PermenPAN-RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS, PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK jabatan fungsional guru tahun 2021, dan PermenPAN-RB Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK jabatan fungsional.  


Menurut Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN-RB Katmoko Ari Sambodo, dari ketiga regulasi tersebut, hanya PermenPAN-RB 28/2021 yang masa berlakunya tahun ini sedangkan dua lainnya berlaku multiyears.

"Jadi aturan-aturan PPPK guru dalam PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 tidak berlaku selain tahun ini saja," kata pria yang akrab disapa Ari itu di Jakarta, Senin (14/6). Dia berharap guru-guru honorer bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftar PPPK. 

Sebab, aturan PPPK 2021 sangat pro guru honorer. Ini bisa dilihat dari beberapa aturan seleksi. Guru honorer diberikan kesempatan tes 3 kali. Untuk guru swasta dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) juga diberikan kesempatan tes 2 kali.

Baca Juga :  INFO HANGAT!! Untuk Seluruh Guru HONORER, Anggota DPR Bela Guru Honorer Agar Langsung Diangkat Jadi PNS Tanpa Ikut CPNS 2021, ALHAMDULILLAH

Baca Juga : GURU HONORER Yang Akan Daftar PPPK 2021 CEK Dulu Data Anda, Cara Cek Nama Guru Yang Mengikuti Proses Seleksi PPPK 2021 di Laman Info GTK Aplikasi Dapodik

"Bagi lulusan PPG yang belum pernah mengajar bisa mendaftar tahun ini," ujarnya. Ketentuan lainnya adalah adanya afirmasi nilai kompetensi teknis yang mencapai 100 persen. Selain itu tambahan nilai ini berlaku akumulatif. 

Dia mencontohkan guru honorer K2 yang tidak memiliki sertifikat pendidik bisa mendapatkan afirmasi 10 persen. Ditambah 15 persen dari afirmasi usia di atas sehingga totalnya 25 persen.

Baca Juga : TEGAS ! Pemerintah Tidak akan Rugi Mengangkat Guru Honorer menjadi PPPK / PNS, Kami Sangat Kompeten, Ini Buktinya

Baca Juga : Alhamdulillah, Mulai 2021, Guru Honorer Jadi ASN, Mas Nadiem Jamin Syarat Mudah, Semua Guru Honorer dan Tendik Diangkat TANPA TERKECUALI

"Jika guru honorer K2-nya penyandang disabilitas ditambah lagi 10 persen sehingga bisa mendapatkan 35 persen," ucapnya. Sementara itu, untuk guru honorer, swasta, dan lulusan PPG yang memiliki sertifikat pendidik bisa mendapatkan tambahan nilai kompetensi teknis 100 persen.  

Baca Juga :  Kabar Gembira dari Mas Nadiem untuk Guru Honorer Tanpa Formasi PPPK 2021, SIMAK SELENGKAPNYA!

Baca Juga :  Alhamdulillah , Mendikbudristek Nadiem Makarim Pastikan Semua Guru Honorer Diangkat PPPK , Ini Info Selengkapnya !

Golongan para guru tersebut sudah mencapai 100 persen, sehingga kata Ari, tidak lagi ditambahkan afirmasi dari sisi usia, honorer K2 maupun disabilitas. "Jadi tambahan nilai kompetensi teknis maksimal 100 persen," pungkasnya. (esy/jpnn)

Sumber : jpnn

0 Response to "GURU Honorer Wajib TAHU!! Juknis Pengadaan PPPK Guru Hanya Berlaku Tahun Ini, Honorer Jangan Sampai Mengabaikan Kesempatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel